Cara Membuat Tetu, Kue Perahu Di Sulawesi Barat

Tetu, penganan tradisional Mandar lezat yang dapat Anda temukan di Sulawesi Barat. Paduan rasa lezat kuliner dengan dengan aroma pandan wangi yang menjadi wadahnya selalu membuat kita ingin menikmatinya kembali. 

Tetu, terbuat dari paduan tepung terigu (gandong) dan golla mamea (gula aren) yang diramu dan dikemas dalam kotak daun pandan berukuran kecil,  rasa santan gurih yang dominan  membuatnya menjadi lezat dan nikmat untuk dijadikan penganan diantara makanan utama. Di Indonesia, penganan ini mungkin lebih dikenal dengan nama "kue perahu", ia juga banyak ditemukan di disajikan di daerah Palu, Sulawesi Tengah serta di Mamuju. 

Kue tetu atau kue perahu paling favorit dicicipi saat momen bulan Ramadhan, penjaja kue ini melimpah  di Sulawesi Barat saat jelang waktu berbuka. Ia jadi favorit saat orang-orang akan berbuka, ini karena ada anjuran dalam agama Islam untuk "berbuka dengan yang manis" sementara kue tetu mendukung syarat tersebut dengan mnawarkan manis gula aren di dasar kotak pandannya. 

Selain bulan Ramadhan, Tetu juga masih dapat kita temukan, hanya saja tersedia "by order" atau dengan pemesanan sebelumnya jika ingin membeli di penjual makanan tradisional. Tetapi Anda juga masih dapat membuatnya sendiri di rumah.
 
tetu kuliner mandar kue perahu
Tetu, kuliner yang juga ditemukan di Mandar, Sulawesi Barat
Adapun cara membuat tetu seperti yang telah dijelaskan rekan "Rahmi Fajriah" (resep  ia sadur dari ibunya), berikut resep kue tetu yang kami sajikan langkah pembuatannya  :
  1. Buatlah terlebih dahulu kotak pandan yang lebih mirip "lopi-lopi" atau perahu kecil, untuk hasil yang maksimal pilihlah daun pandan wangi yang agak tua, kemudian dijemur sebentar, tujuan penjemuran daun pandan adalah agar ketika dilipat kotak ini tidak mudah retak.  
  2. Lalu kemudian potonglah daun pandan seukuran yang Anda suka, sejengkal tangan mungkin bisa kemudian dilipat dan direkatkan dengan menggunakan "paper klip" dan bagian daunnya ditusuk menggunakan lidi yang runcing.
  3. Lalu dasar kotak pandan tadi ditaburi gula putih atau  atau gula aren, tergantung selera, dicampur juga boleh jika Anda lebih suka ada rasa kombinasi. Di daerah Mandar, Sulawesi Barat, tetu lebih banyak menggunakan gula aren sebagai bahan alasnya, karena gula aren melimpah di daerah ini.
  4. Buat adonan kue tetu yang terbuat dari paduan tepung terigu dan santan kelapa  
  5. Adonan terigu dan santan tadi lalu dituang ke dalam kotak pandan sekitar 2/4 dan sisakan 1/4 buat toppingnya yang merupakan santan kental
  6. Kukus  kotak pandan tersebut sampai setengah matang, kemudian siramkan santan kental ke permukaan adonan yang telah masak setengah  matang tersebut.
  7. Salah satu rahasia kue tetu yang lezat dan sempurna adalah terletak pada lapisan santan gurih di permukaannya. Bagaimana cara membuatnya lezat? agar santannya gurih, campurkan seujung sendok teh garam makan ke dalam santan kentalnya.
  8. Lalu, lanjutkan kukus sampai benar-benar matang. Cara mengeceknya? Anda dapat menusukkan sebilah lidi yang bersih.
  9. Tips yang lain adalah jika ingin lebih wangi, Anda dapat menambahkan essence/powder vanilla pada campuran santannya. Anda juga bisa menambahkan potongan-potongan kecil buah nangka di permukaan paling atas sebagai topping untuk sensasi berbeda.
Demikianlah cara membuat kue tetu Khas Mandar yang disadur dari rekan Rahmi Fajriah. Selamat bereksperimen di dapur Anda, semoga kue tetu yang Anda buat bisa sama lezatnya dengan resep yang sudah kami sajikan diatas.

1 comment:

  1. Poin 4 Di atas adonannya memang memakai ilmu kira - kira yang diperkirakan adalah adonan yang akan mengental jika sudah dipanaskan atau dikukus dan sudah diperkirakan juga jika memakai santan kental tidan akan gampang menets selamat mencoba

    ReplyDelete

Powered by Blogger.